Sabtu, 15 Oktober 2011

SEKOLAH !!

yap,, saya berumur 16 tahun sebagai siswa SMA negeri di daerah tangerang. so, saya adalah pelajar biasa. saya akan membahas sedikit tentang sekolah bukan kebaikannya namun keburukannya. yap saya kecewa dengan sistem pendidikan di sekolah saya atau lebih tepatnya sistem pendidikan Indonesia.
semakin bertambah umur, semakin bertambah luar juga pemikiranya, so, dulu yang saya terima-terima saja dengan sekolah, namun seiring dengan bertambahnya usia saya, logika saya pun semakin berjalan dan saya berfikir SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA JELEK SEKALI!!

saya berani berbicara seperti itu karena saya adalah pelajar, saya tahu seluk beluk dunia pendidikan kita itu seperti apa walau tidak banyak juga yang saya ketahui. apalagi setelah saya bandingkan dengan sistem pendidikan diluar negeri saya semakin KECEWA dengan indonesia.

pertama, sistem pendidikan indonesia itu terlalu lama. setiap anak diwajibkan belajar 12  tahun dan ditambah dengan kuliah lebih dari 4 tahun, si anak baru bisa menggapai cita-citanya. ini terlalu lama bagi saya, anak-anak dibiarkan berkutat dengan  macam-macam pelajaran selama 16 tahun. apa itu yang dinamakan pendidikan?? yap saya juga mengetahui bahwa memang kita rajin-rajin menimba ilmu tapi kalau kelamaan seperti ini, saya bisa mau muntah setiap hari selama 12 tahun saya hanya bolak-balik ke sekolah. my world doesn't just in school!!! saya mencari-cari informasi mengenai sistem pendidikan di luar negeri yang saya dapatkan informasi, mereka hanya butuh 10-11 tahun untuk lalu melanjutkan ke jenjang kuliah. ya walaupun hanya beda-beda tipis namun mereka dalam 10 tahun itu memberikan variasi belajar. tidak seperti di indonesia ini yang MEMBOSANKAN.

kedua, sistem belajar yang dijalankan indonesia yaitu siswa duduk di sebuah ruangan kelas mengamati guru yang sedang menerangkan selanjtunya diadakan ulangan untuk mengetes kemampuan siswa. terlalu bosan untuk kita lakuakan selama itu 12 tahun ini. setiap hari hanya duduk dan duduk, pantat saya bisa jeblos ini-,- ya walaupun ada beberapa sekolah yang melakukan sekolah alam (itu menurut saya bagus) namun bagi sekolah negeri seperti sekarang saya menuntut ilmu,itu tidak ada. bahkan kami sempat mengusulkan kepada pihak sekolah, namun kata pihak sekolah dinas pendidikan melarang metode belajar seperti itu untuk sekolah negeri. WHAT THE HELL, buat dinas pendidika!! kenapa harus ada dinas pendidikan, kalau mereka tidak mengetahuiapa yang siswa mau. BUBARKAN SAJA!! -,- wkwkw

ketiga, mata pelajaran yang diwajibkan siswa harus kuasai yaitu kurang lebih 17 mata pelajaran. banyak sekali bukan?? bagaimana kalau ada salah satu pelajaran yang siswa tidak sukai? apa mereka tetap harus menguasainya?? menurut saya sesuatu yang kita paksakan hasilnya akan percuma saja. jadii, kalau kita tidak suka salah satu mata pelajaran  lalu kita harus tetap menguasainya apa itu tidak dibilang percuma? menurut saya itu PERCUMA saja!! karena sifat siswa yang tidak bisa menguasainya. ditambah lagi 17 mata pelajaran itu tidak bisa dipilih yang mana yang mau mereka pelajari. menurut survei saya 17 mata pelajaran yang diemban siswa itu TERLALU BERAT untuk dipikul siswa dibawah umur 17 tahun ini. tahukah kalian? diluar negeri sana, siswa diperbolehkan memilih mata pelajaran apa saya yang akan mereka pelajari dan itu tidak harus sebanyak 17 mata pelajaran. bahkan mereka bisa memilih hanya 5 mata pelajaran saja sesuai yang di inginkan saja. coba indonesia melakukan sistem seperti itu,pasti para siswa akan semangat belajar karena mereka belajar sesuai apa yang ia kehendakinya dan mereka pun lebih fokus untuk menggapai masa depannya. walau saya tahu ada univeristas yang akan memfokuskan mereka pada masa depannya namun itu terlalu lama. toh nanti belajar-belajar itu juga ya kan?

keempat, sistem pendidikan yang guru diwajibkan memberikan tugas untuk siswa dan ulangan untuk siswa. jdi harus berapa banyak tugas dan ulangan yang saya lakukan jika saya wajib mengikuti 17 mata pelajaran. kalo toh hanya 5 mata pelajaran saja, saya bisa mengendalikan tugas dan ulangan saya agar bagus. namun kalo 17 mata pelajaran, maka tugas-tugas tersebut akan terbengkalai dan bahkan siswa makin tidak menguasai mata pelajaran karena begitu banyaknya mata pelajaran yang mereka harus kuasai. pantas aja orang indonesia itu BODOH-BODOH dan TIDAK MAJU-MAJU, ya karena mereka tidak mengerti terhadap apa yang guru sampaikan. BODOHHHHHH!!!!!

ya walau saya begitu MEMBENCI sekolah, saya wajib mengikuti semua permainan pemerintah agar kedepannya saja juga bisa memperbaiki sistem pendidikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang baca please komen ya!!
kritik dan saran dibutuhkan disini (: